Footprint, Mumble

Ganti Alamat di Paspor

Kalo kata orang-orang, judulnya spoiler banget. Iya, emang! Harafiah seharafiah-harafiahnya.

Jadi cerita ini berawal dari agenda untuk ngurus pengajuan visa Jepang. Saya baru inget kalo alamat di Paspor dan KTP sekarang beda, karena saya pindah rumah. Sementara, Kedubes Jepang itu membagi pelayanan pengajuan visa di Konsulat per wilayah Yuridiksi. Yang artinya, kalo KTP dan Paspor ngana alamatnya di Ambon, janganlah iseng ngajuin visanya di Jakarta. Topik pengajuan visa Jepang ini nanti saya bahas terpisah lah, ya. Karena di sini bukan itu inti permasalahannya.

Kembali lagi ke judul tulisan ini!

Setelah gagal menemukan jawaban yang memuaskan dari Google, maka saya telepon Kedubes Jepang di Jakarta untuk bertanya: “Kalau alamat di KTP dan Paspor beda, saya harus melakukan apa dan harus apply di Kedubes Jepang wilayah Yuridiksi yang mana?”

Dalam kasus saya, emang agak kusut, sih. KTP saya Tangerang, alamat paspor Jawa Timur, sementara saya tinggalnya di Jakarta. Hayoloh. *dikeplak dinas kependudukan*

Kemudian saya dapet jawaban begini dari Kedubes Jepang: “Mbak urus saja di kantor Jakarta, karena KTP Tangerang. Tapi Paspornya dimutasi alamatnya dulu, ya.”

Kemudian saya bengong. Muncul masalah berikutnya, mutasi alamat paspor itu gimana caranya?

Karena nanya sama Google, lagi-lagi, tumben-tumbennya susah nemu jawaban yang komprehensif, akhirnya saya bela-belainlah pagi-pagi ke Kantor Imigrasi Jakarta Selatan di Mampang yang terkenal amat sangat sibuk dan chaotic.

Karena (karena mulu sih) belum tau syarat dan cara ganti alamat paspor itu gimana, bertanyalah saya ke petugas, dan dijawab: “dokumennya seperti pengajuan paspor baru, tapi diurusnya harus di Kanim kota yang sesuai dengan KTP”. DHUER!

My first thougt: MASA SIH GA BISA DI KANIM LAIN? Secara bikin paspor aja bisa di Kanim manapun, masa ganti alamat doang kagak bisa? Tapi si bapak petugasnya meuni kekeuh bilang kalo emang harus di Kanim kota sesuai KTP karena penyesuaian data itu bla bla bla ya da ya da….

Yasudahlahya, karena baru jam 7 pagi, ya ga papalah saya pikir ke Tangerang aja.

Nyampe Kanim Tangerang jam 8.30 dengan kondisi ruangan dan antrean yang jauuuuh lebih chaotic dibanding Kanim Jaksel. Setelah konsultasi dengan bapak customer care yang baik banget karena dia sempet ngebentak ibu-ibu yang nyelak antrean saya yang udah di depan mau nanya duluan *horeeee* maka inilah informasi yang saya dapat untuk syarat perubahan data alamat di paspor:

  • Paspor ASLI
  • Fotokopi Paspor (dalam kertas A4 utuh, jangan dipotong ngepas ukuran paspornya)
  • Fotokopi KTP (ini juga di kertas A4 utuh)
  • Fotokopi KK (ini juga)
  • Fotokopi ijazah atau akte

Based on experience kemarin, dokumen aslinya sih ga ditanyain, kecuali paspornya. Tapi dibawa aja, buat jaga-jaga. Daripada udah nungguin lama taunya kereject gara-gara dokumen ga lengkap doang.

Kalo udah siap, ini dia cara-caranya:

  • Ke koperasi Kanim, MINTA formulir permohonan (sama kayak formulir bikin paspor baru), surat pernyataan (BELI materainya sekalian), dan map. Seinget saya dulu ga pake deh ada surat pernyataan, tapi sekarang pake (atau mungkin Kanim Tangerang doang?). Intinya sih buat menyatakan dokumennya semua asli bla bla bla ya da ya da.
  • Isi formulir dan surat pernyataan, kasih materai dan tanda tangan, trus mulailah mengantre. Good luck in this step!
  • Kasih ke petugas loket, dan palingan bakal ditanyain dikit soal apa yang mau diubah dan kenapa diubah. Trus abis itu dikasih tanda terima buat ambil paspornya SATU HARI KERJA kemudian.
  • That’s it and it’s all HERATIS!

Sebenernya banyak juga orang yang pindah alamat tapi ga mengubah data paspornya. Ga masalah sih kayaknya, kecuali kalo bakal dipake buat urus visa kayak kasus saya.

Kesimpulannya: proses perubahan data alamat di paspor itu gampang banget, seandainya ga pake ada ngantre yang super lama itu.

Share this:
Facebook Twitter Email Pinterest Tumblr

90 Comments

  1. AHA!! Akhirnyaaaaa menemukan juga. :D Terima kasih blogpostnya ya mbak, membantu banget. Aku juga harus mutasi paspor nih. Tapi sekarang kan pembuatan paspor baru itu online ya, nah mbak tahu nggak apa mutasi ini melalui proses online juga atau enggak ya? :D

    Reply
    1. raa Author

      Hi Bulan,

      Kemarin sih pertamanya aku datang ke Kanim Jaksel di Mampang (kebetulan pasporku terbitan Kanim ini), tapi sama petugas pas mau ambil antreannya direject karena dia bilang kalo mutasi alamat harus di Kanim yang sesuai dengan alamat KTP yang baru. Begitu informasi yang aku dapat.

      Good luck ya buat mutasinya :)

      Reply
  2. Baru ngeh kalau caranya nggak ribet gini. Terus itu kok ada yang bilang nggak bisa kenapa? karena nggak tau apa gimana? Masak standar prosedurnya tiap kanim gak sama deh :|

    Reply
    1. raa Author

      Yang di Kanim Jaksel bukan bilang nggak bisa sama sekali, tapi katanya kalo mau ngubah alamat paspor, harus di Kanim yang sesuai sama KTP. In my case, Tangerang. Makanya aku urusnya jadi di Kanim Tangerang gitu :)

      Reply
  3. Makasih sharing infonya!! Kasus saya sama seperti kamu. Saya lagi mau urus mutasi alamat lama ke alamat baru untuk urus visa minggu dpn. Passport saya terbitan Kanim Jaksel, sdngkan alamat baru skrng Tangsel. Jadi saya lebih baik langsung dtng ke Kanim Tangerang atau coba di Jaksel dulu? Perlu daftar online tidak yah atau langsung dtng saja? Setelah ganti alamat baru, apakah passportnya juga ganti baru atau hanya ada perubahan dibagian alamat saja? Boleh tau prosesnya brp lama dan biayanya brp? Maaf pertanyaannya rombongan. Many thanks :)

    Reply
    1. raa Author

      Hai Rifka :)

      Coba aku jawab satu-persatu ya…

      Kalo menurut aku sih lebih amannya langsung ke Kanim Tangerang aja, karena aku kemarin direject pas nyoba di Kanim Jaksel.

      Aku kemarin ga pakai daftar online, tapi kalo mau daftar online dulu juga ga papa. Mungkin bisa jadi lebih cepet proses antrenya :)

      Ganti alamat ga akan mengganti paspor dengan yang baru. Cuma di bagian Catatan-Pengesahan (Paspor Halaman 4) akan ada penambahan Alamat Baru.

      Prosesnya cuma satu hari kerja dan gratis alias tanpa biaya sama sekali.

      Semoga membantu dan semoga lancar ngurusnya yaaa… :)

      Reply
  4. Hai… Mohon info gimana caranya ganti alamat di paspor plus perpanjangan paspor. Apa ttp hrs menunggu 6 bln sblm tanggal expired untuk perpanjang. Atau bs ganti paspor baru sekaligus ganti alamat plus perpanjang. Terima kasih.

    Reply
    1. raa Author

      Hai Andica,

      Kalo mau ganti alamat paspor sekaligus perpanjangan, harusnya pakai proses perpanjangan paspor biasa, ya. Tinggal alamatnya aja disesuaikan dengan alamat baru yang didukung dengan data dan dokumen asli (KTP dan KK).

      Tapi kalo masa berlakunya masih lebih dari 6 bulan (dan masih lebihnya banyak), mending diganti alamat dulu aja sih kayaknya. Karena kalo mau perpanjang paspor pas masa berlakunya masih lebih dari 6 bulan, itu itungannya jadi penggantian paspor, bukan perpanjangan.

      Hope it helps ya :)

      Reply
  5. TR

    Dear Raa
    After baca info ini langsung urus pindah alamat di paspor. Cuma masalahnya ambil paspor yg alamat baru harus tunggu 5 hari kemudian. *nganga.com* sambil mbatin ” kirain satu hari bisa tuntas.”
    Eniwei, thanks bwt share na.

    Reply
  6. fanda

    Mau nanya donk. Kalau alamat di paspor dengan KTP beda di no RT. Misal paspor rt 07 tp d ktp rt 05. Itu harus di ganti ga yahhh. Makasih sebelumnya.

    Reply
    1. akid Author

      Kalo misal ga ada keperluan untuk buat visa, kayaknya nggak perlu sih.

      Soalnya sebenernya saya udah lama pake alamat yang ga keupdate buat ke negara-negara di ASEAN sih ga papa.

      Reply
  7. Hi sis mo tanya nih.
    Ni q kan mo ngrubah alamat dulu kan kerja di hongkong tp q mo bikin visa Italy tp alamatku di passport alamat hongkong trus kl ngrubahnya di Jakarta pusat bisa nggak soale alamat di KTP di Ponorogo .
    Thanks sebelumnya

    Reply
    1. akid Author

      kalo kemarin saya KTP Tangerang mau ubah alamat di Jakarta Selatan nggak boleh :(

      tapi coba aja ditanyain dulu, siapa tau boleh :)

      Reply
    1. akid Author

      Pertama-tama, saya cewek ya, mas. Jadi jangan dipanggil mas :(

      Menjawab pertanyaan dari Mas Usman (semoga ini beneran mas-mas), kalo ganti alamat, paspornya nggak diganti baru, tapi di bagian halaman perubahan, ada keterangan kalo ganti alamat.

      Thank youuuu.
      Cheers! :)

      Reply
    1. akid Author

      Halo! :)

      Alamat di Jawanya, di mana? Jakarta itu juga di Jawa loh :p

      Intinya sih, untuk pengajuan visa Jepang, alamat paspor harus sama dengan alamat KTP/Surat Keterangan Domisili dan pengajuannya harus di kantor konsuler yang sesuai sama wilayah yuridiksi kedutaan.

      Jadi, misal alamat KTP dan paspor mbaknya di Malang, harus bikin visa di kedutaan Jepang yang di Surabaya, ga bisa di Jakarta. Cek di sini buat informasi pembagian wilayah yuridiksi kedutaan Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html

      Good luck, ya!

      Reply
      1. Reni karmila

        Mba saya mau tanya, saya punya paspor buatnya di wilayah Jakarta timur, sedangkan domisili saya sudah pindah di Jakarta pusat. Tgl dan bulan lahir saya di Paspor dan ktp beda. Apakah saya harus pindah alamat dan ganti tgl dan bulan lahir saya sesuai ktp?

        Reply
  8. asmlkm teteh,,, mau nanya nih,, n mohon bantuan nya,, saya kan mau ikut magang jepang tp skrg saya ada mslh sama paspor saya,, masalah nya pada nama dan tahun lahir,, karna nama dan tahun lahir nya tidak sama dengan akte,, sblum nya saya pernah ke saudi kerja dan tahun lahir nya di tua kan,,,, harus gmn teh? mohon pendapat nya teh,,, mksih…

    Reply
  9. Assalammualaikum…
    Mau tanya…saya krj di korsel..sekarang lg cuti 1 bln, nah kmaren sy habis urus ktp pindah almt tp msh dlm 1 kcmtn. Jd skrg almt paspor n ktp beda. Kira2, bermasalah g ya pas nanti sy mau brgkt lg ke korsel. Wassalamualaikum

    Reply
  10. pam

    say nanya dounk.. itu kamu ktp alamat beda gitu, dulu ganti ktp n kk pake surat mutasi apa ngga? aq nih punya problem dulu aq bikin passport pake ktp bekasi n kk ngikut saudara di bekasi. tapi sekarang ktp itu aq udah ga perpanjang, karena ktp and kk yang aq pake daerah asliqw pemalang, jawa tengah. dulu sempet punya ktp double lah. tapi sekrg ktp bekasi yg buat passportqw udah expired dan ga perpanjang. tapi passport masih berlaku, nah aq mau update data n alamat sekalian data ktp n kk pake yang alamat jawa tengah.

    Reply
  11. Thanx sharing n infonya…pas banget mau ganti paspor tp alamat ktp beda alamat di paspor….saya pernah baca perlu surat keteranagn pindah. Tyt enggak ya cm bw ktp kk yg baru sajah dll tanpa surat keterangan…siiip lah

    Reply
  12. Hii mba saya ingin tanya..kalo kita ada perubahan alamat pada passport apakah untuk alamat barunya ditulis di endorsment hal 4 atau 5. Kebetulan saya baru saja pindah rumah. Thks

    Reply
  13. Asslm.
    Boleh gk ku bertanya paspor ku buatan hongkong n Mau mengurus visa kerja kemalaysia.direject bnyk kli.misalny klo sya mutasi almt di kanim sya bisa gk.?apa perlu buat paspor bru agar visa saya turun. Mohon pencerahan trimksih.krn dsarankn untuk gnti paspor pdhl masi hidup 3 tahun.

    Reply
  14. Hai teh met kenal..saya tertarik dgn perubahan alamat di passport…hanya masalah saya..passport sudah lama expired dan hilang entah dimana.sekarang mau bikin passport lg..masuk pembuatan baru ya? Yg jd pertanyaannya…apa perlu cabut berkas di tempat lama baru di ajukan ke wilayah baru( dulu terdaftar di jkt barat dan alamat ktp skrg di tangerang) apa daftar online saja? Bingung nih…mohon pencerahannya…barangkali ada yg tahu…makasih

    Reply
  15. Salam mbak…
    Sblm paspor mbak drubah k almt tangerang kn msi pke alamat jatim Trus ktp ud tangerang.
    prtny: klo paspor ma ktp beda alamat ap gk msalh jk kluar negri yg gk pke visa (waktu check in bandara).mksi

    Reply
    1. akid Author

      Halo! Kalo ke luar negeri, cuma cek paspor aja, KTP (sejauh ini) ga pernah ditanyain, jadi kalopun alamatnya beda, nggak masalah ;)

      Reply
  16. Wah..mksh byk infonya mba. Mmbnt bgt. Aq kn br pndh domisili jg. Pas bingung mw update almt d paspor gmn nemu blog ini. Oh ya mba..paspr aq expire 2017 nnt. Smntr 2016-2018 aq stay d jpg. Kira2 mndng prpnjg dr skrg/ gmn?

    Reply
  17. Mba mau tanya, kalo data KTP alamat dan no NIKnya beda, bisa di update ga yah datanya? Saya skrng posisinya di lampung, KTP saya sumbar, pasport saya dulu bikin di Bandung dengan KTP Bandung. Untuk data KTPnya sudah saya pindah domisilikan ke Sumatera barat. Thanks alot mba..

    Reply
  18. Assalamualaikum,

    Berarti casenya sama ama sayahh mbak, alamat paspor saya pake alamat Bogor, sedangkan sy skrg pindah dan ktp saya dah pake ktp Surabaya. Cuma paspor saya udah hangus, kyknya prosedurnya hampir sama gak ya mbak??

    Reply
  19. Kasus kita sama mba, pas sy apply visa jepang disuruh urus mutasi alamat paspor dulu sesuai ktp. Kata mba di loket bisa diurus di imigrasi manapun. Krn sy bikin di jaksel,saya langsung cus ke kanim jaksel. Ternyata karna ktp sy bekasi hrs ke kanim bekasi. Tapi di kanim bekasi urusnya lama banget! Hr rabu saya masukin berkas, senin baru pengambilan. Wasting time bgt padahal petugas visa jepang dan kanim jaksel bilang prosesnya cuma sehari. Masih ingat si ibu customer service di loket kanim jaksel bilang “kan cuma print alamat belakang aja mba, gak lama kok”. Pelajaran bgt buat saya, semoga teman2 yg lain kalo mau urus mutasi alamat paspor di imigrasi bekasi sebaiknya bawa aja semua dokumen karena syarat yg di kanim jaksel dan kanim bekasi beda. Kalo di kanim jaksel gak perlu fotocopi ijazah/ akte lahir tp di bekasi wajib ada.

    Reply
  20. Waaah… informasi ini manfaat buat saya yang juga ingin memperbarui paspor dan menggunakan alamat baru… jadi ga perlu surat mutasi dari Bogor ke Jakarta?
    Makassiiiiy…. salaaaammm

    Reply
  21. Ana

    Hai mbak salam kenal aku mau tanya nih pasport q kurang penulisan huruf bulan lahir harusnya Bantul tapi jadi bantu kl minta d rubah kira” proses nya brp hari dan bayar gak y ? Thx infonya

    Reply
  22. Halo, makasih banget postingannya! Ngebantu banget.
    Mau tanya aja, apakah ini jadinya passport kita diganti baru? atau tetep bisa pegang passport yg lama? Sayang soalnya masih banyak yg kosong lembaran passportnya. :)

    Reply
  23. Hai mbak salam kenal. Kebetulan aku juga mau urus visa Jepang trus galau karna alamat KTP dan paspor beda. Untungnya nemu artikel ini, makasi banyak share nya yaa :)

    Reply
  24. Passpor saya masih sampe juni 2017,
    Ada rencana mau overseas..pengalaman sih gak akan bisa keluar kalau passpor tinggal 6 bulanan lagi,
    Yg mau di tanyakan alamat ktp dan passpor berbeda, kira kira mending buat baru atau ajukan perubahan data aja ya kira kira

    Reply
  25. Kalo saya kasusnya alamat di ktp dan di passport saya sama (di bandung)
    Tapi saya buat passport di kendari, sulawesi tenggara
    Terus kalau mau bikin visa jepang, saya urusnya dimana yah konsulat jepang di jakarta atau yg di makassar yah? Semoga ada yg bisa bantu jawab, makasih sebelumnya.

    Reply
    1. akid Author

      Kayaknya di Jakarta, soalnya yang ‘dipermasalahkan’ alamat yang tertera, bukan kantor yang ngeluarin paspornya :)

      Reply
  26. Mba mau nanya dong, kalo passport dan ktp alamat berbeda tapi masih sama2 jaktim hanya berbeda dari tingkatan kecamatan kebawah nah kira2 kalo saya mau apply visa saya harus ubah data alamat di passport atau tidak? Kalau iya ngurusnya kemana? Terima kasih

    Reply
    1. akid Author

      Halo mba, paspornya baru apa lama, ya?

      Soalnya aku baru ngeh kalo paspor baru sekarang tuh ga dicantumin alamat, ya… Tapi kalo memang harus ubah alamat, langsung ke imigrasi aja. Bawa dokumen sesuai alamt terbaru :)

      Reply
  27. Halo mba, saya mau tanya kalo untuk membuat visa itu memang di cek data di paspor sama atau tidaknya dengan di KTP ?
    sebenernya sih saya mau bikin visa untuk korea.. barangkali peraturannya sama hehe
    mohon infonya ya. terimakasih

    Reply
  28. Ati

    Wow makasi infonya. Bermanfaat buat sy krn mgkn tahun depan sy pindah kota namun pasport sy masa berlakunya msh lama. Jd klo utk rubah alamat, paspornya gak diganti ya? Artinya nomor paspor tetep sama ?

    Reply
  29. Hi Mbak,

    Thanks banget untuk artikel nya ini, membantu sekali.. Btw, untuk surat pernyataan mutasi alamat tersebut, apakah ada draft dari Kantor Imigrasi nya? Atau kita buat sendiri dgn draft dari kita sendiri?

    Terima kasih.

    Reply
    1. akid Author

      Surat pernyataan yang dimaksud bukan pernyataan mutasi alamat. Tapi pernyataan bahwa dokumen yang dikasih semuanya asli. Surat ini udah ada templatenya dari imigrasi, tinggal minta aja dan kita tinggal isi.

      Reply
  30. Eva

    Mba sy mau tanya klo tahun lahirnya beda yg di ktp dgn paspor apakah msh bs diproses utk bisa jepangnya? Ktp ibu saya tertulis 1947 sedangkan di paspor 1948. Ktp sdh lama (berlaku seumur hidup) sedangkan paspor baru diperpanjang akhir thn lalu.
    Makasih

    Reply
      1. Hy mba, saya mau nanya.. Kalau ktp saya domisili bandung tapi passport domisili bali. Itu kalau ke Singapore bisa aja atau bakal jd problem? Mohon jawabannya mba.. Trimakasih

        Reply
  31. haloo mba.. case ak spertinya complicated (udh permisi sblmnya) :D paspor ak abis nnti desember, nah ak mau perpanjang nii.. alamat di paspor alamat jakarta bikinnya di imigrasi jaksel, cm skrg ktp alamat jkt itu hilang dn cm ada ftocopynya.. ak skrg lg proses pmbuatan ktp d rmh ku di pekanbaru, krn blanko nya msh kosong, jd ak cm megang resi pembuatan ktpnya.. ak bingung step apa dlu ya mba buat beresin pasporku ini? mohon masukannya.. many thanks

    Reply
  32. Malam Mba…Maaf mengganggu, Mba Kebetukan KTP saya Sudah Buka KTP yg Beralamat Seperti yg di Passport lgi Krena Saya Sudah Pindah Jiwa. Data ktp di rubah tapi Passport gak. semntara saya rencana mau Ke Singapura. Thailand And Malaysia…yaah Otomatis saya Pakai Passport apa bisa saya Masuk meskipun datanya Berbeda?? Terimakasih mba

    Reply
  33. Mey

    Aku bingung paspor aku beda tgl thn dn bln,,, sedang kn kk akte dn ektp itu sma… Coma paspor nya saja beda,, saya mau memperpanjang tdak bisa kerenal beda sama data saya yg sebenar nya

    Reply
  34. Hai kak,terimakasih dl sblmnya infonya melegakan bgt,cm saya mau tny,jd critanya saya br apply untuk penggantian passport saya kmrn senin,hari ini saya sadar kl alamat yg saya tulis tdk sama persis dgn yg d ktp,kl saya mau update alamatnya msh bs ga ya kak?sbnrnya cm perbedaanny adalah perum dan perumahan,cuman saya kebutuhan passport nya kan untk permohonan visa mvv d belanda ,saya takut kl ada masalah cm gara2beda perum dan perumahan,

    Reply
  35. Selamat Malam Mba yang baik hati….
    Saya saat ini mau urus ganti alamat dan perpanjang Paspor. Terimakasih sudah membagikan pengalamannya.
    Ada yg masih mengganjal, untuk surat pernyataan, apakah diketik atau tulis tangan. Kalo ditulis tangan pake doblefolio atau kertas HVS putih kah?
    Terimakasih sebelumnya….

    Reply
  36. Hai Mba, thanks infonya. Di e-ktp saya yg baru, tempat lahir, sy Revisi sesuai akte lahir dan ijazah. Passport saya memakai KTP lama dan datanya mau saya rubah. Hanya tempat lahir saja sih. Apakah prosesnya sama dengan yang mba lakukan merubah data alamat? Terima kasih atas informasinya.

    Reply
  37. Kho Giok Tien

    Tolong tanya, saya sdh dapat tgl. Antrian. Daftar on line. Yg dipermasalahkan saya pindah alamat. Kk dan ktp blm selesai pengurusannya. Bgmn caranya. Krn waktu daftar saya pakai alamat lama. T.ksh

    Reply
  38. Najwa

    Nemu juga artikel yang kayana kasusnya sama, terima kasih mba buat sharingnya, saya mau tanya mba, saya juga mau mengajukan bebas visa kejepang, masalahnya dulu waktu saya bikin Epaspor saya menggunakan alamat di KTP lama, dan saya bikin Epas itu di Kanim Mampang, sekarang saya tinggal diDepok dg KTP yg sudah berubah juga, mending sy kekanim mampang/ depok untuk ngubah alamat? Dan kalo udah beres ngajuin bebas visanya bisa kedubes jepangny langsung atau dimna mba? Terima kasih sudah berkenan menjawab

    Reply
    1. akid Author

      Kayaknya kalo alamat KTP dan Paspornya masih satu wilayah yuridiksi, nggak harus ganti alamat. Tapi coba supaya jelasnya dikonfirmasi langsung, ya.
      Oh ya, setau saya, mulai akhir tahun kemarin, Kedubes Jepang di Jakarta udah ga melayani pengajuan visa turis, tapi pengajuannya dialihkan lewat VFS. Silakan dicek langsung di websitenya ya http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/index.html

      Reply
      1. Najwa

        Wuuiiih… Dibalas ternyata
        Hhee thank you mba.
        Owh gitu ya mba, btw CS dubes jepang buat nanyain masalah visa ini nomornya berapa ya mba?
        Thank you again

        Reply

Leave a Reply to akid Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *