Ganti Alamat di Paspor

Kalo kata orang-orang, judulnya spoiler banget. Iya, emang! Harafiah seharafiah-harafiahnya.

Jadi cerita ini berawal dari agenda untuk ngurus pengajuan visa Jepang. Saya baru inget kalo alamat di Paspor dan KTP sekarang beda, karena saya pindah rumah. Sementara, Kedubes Jepang itu membagi pelayanan pengajuan visa di Konsulat per wilayah Yuridiksi. Yang artinya, kalo KTP dan Paspor ngana alamatnya di Ambon, janganlah iseng ngajuin visanya di Jakarta. Topik pengajuan visa Jepang ini nanti saya bahas terpisah lah, ya. Karena di sini bukan itu inti permasalahannya.

Kembali lagi ke judul tulisan ini!

Setelah gagal menemukan jawaban yang memuaskan dari Google, maka saya telepon Kedubes Jepang di Jakarta untuk bertanya: “Kalau alamat di KTP dan Paspor beda, saya harus melakukan apa dan harus apply di Kedubes Jepang wilayah Yuridiksi yang mana?”

Dalam kasus saya, emang agak kusut, sih. KTP saya Tangerang, alamat paspor Jawa Timur, sementara saya tinggalnya di Jakarta. Hayoloh. *dikeplak dinas kependudukan*

Kemudian saya dapet jawaban begini dari Kedubes Jepang: “Mbak urus saja di kantor Jakarta, karena KTP Tangerang. Tapi Paspornya dimutasi alamatnya dulu, ya.”

Kemudian saya bengong. Muncul masalah berikutnya, mutasi alamat paspor itu gimana caranya?

Karena nanya sama Google, lagi-lagi, tumben-tumbennya susah nemu jawaban yang komprehensif, akhirnya saya bela-belainlah pagi-pagi ke Kantor Imigrasi Jakarta Selatan di Mampang yang terkenal amat sangat sibuk dan chaotic.

Karena (karena mulu sih) belum tau syarat dan cara ganti alamat paspor itu gimana, bertanyalah saya ke petugas, dan dijawab: “dokumennya seperti pengajuan paspor baru, tapi diurusnya harus di Kanim kota yang sesuai dengan KTP”. DHUER!

My first thougt: MASA SIH GA BISA DI KANIM LAIN? Secara bikin paspor aja bisa di Kanim manapun, masa ganti alamat doang kagak bisa? Tapi si bapak petugasnya meuni kekeuh bilang kalo emang harus di Kanim kota sesuai KTP karena penyesuaian data itu bla bla bla ya da ya da….

Yasudahlahya, karena baru jam 7 pagi, ya ga papalah saya pikir ke Tangerang aja.

Nyampe Kanim Tangerang jam 8.30 dengan kondisi ruangan dan antrean yang jauuuuh lebih chaotic dibanding Kanim Jaksel. Setelah konsultasi dengan bapak customer care yang baik banget karena dia sempet ngebentak ibu-ibu yang nyelak antrean saya yang udah di depan mau nanya duluan *horeeee* maka inilah informasi yang saya dapat untuk syarat perubahan data alamat di paspor:

  • Paspor ASLI
  • Fotokopi Paspor (dalam kertas A4 utuh, jangan dipotong ngepas ukuran paspornya)
  • Fotokopi KTP (ini juga di kertas A4 utuh)
  • Fotokopi KK (ini juga)
  • Fotokopi ijazah atau akte

Based on experience kemarin, dokumen aslinya sih ga ditanyain, kecuali paspornya. Tapi dibawa aja, buat jaga-jaga. Daripada udah nungguin lama taunya kereject gara-gara dokumen ga lengkap doang.

Kalo udah siap, ini dia cara-caranya:

  • Ke koperasi Kanim, MINTA formulir permohonan (sama kayak formulir bikin paspor baru), surat pernyataan (BELI materainya sekalian), dan map. Seinget saya dulu ga pake deh ada surat pernyataan, tapi sekarang pake (atau mungkin Kanim Tangerang doang?). Intinya sih buat menyatakan dokumennya semua asli bla bla bla ya da ya da.
  • Isi formulir dan surat pernyataan, kasih materai dan tanda tangan, trus mulailah mengantre. Good luck in this step!
  • Kasih ke petugas loket, dan palingan bakal ditanyain dikit soal apa yang mau diubah dan kenapa diubah. Trus abis itu dikasih tanda terima buat ambil paspornya SATU HARI KERJA kemudian.
  • That’s it and it’s all HERATIS!

Sebenernya banyak juga orang yang pindah alamat tapi ga mengubah data paspornya. Ga masalah sih kayaknya, kecuali kalo bakal dipake buat urus visa kayak kasus saya.

Kesimpulannya: proses perubahan data alamat di paspor itu gampang banget, seandainya ga pake ada ngantre yang super lama itu.

Share this:
Facebook Twitter Email Pinterest Tumblr

70 Comments on Ganti Alamat di Paspor

  1. Bulan
    27/03/2014 at 14:25 (4 years ago)

    AHA!! Akhirnyaaaaa menemukan juga. :D Terima kasih blogpostnya ya mbak, membantu banget. Aku juga harus mutasi paspor nih. Tapi sekarang kan pembuatan paspor baru itu online ya, nah mbak tahu nggak apa mutasi ini melalui proses online juga atau enggak ya? :D

    Reply
    • raa
      02/04/2014 at 12:22 (4 years ago)

      Hi Bulan,

      Kemarin sih pertamanya aku datang ke Kanim Jaksel di Mampang (kebetulan pasporku terbitan Kanim ini), tapi sama petugas pas mau ambil antreannya direject karena dia bilang kalo mutasi alamat harus di Kanim yang sesuai dengan alamat KTP yang baru. Begitu informasi yang aku dapat.

      Good luck ya buat mutasinya :)

      Reply
  2. Fahmi
    17/04/2014 at 18:38 (4 years ago)

    Baru ngeh kalau caranya nggak ribet gini. Terus itu kok ada yang bilang nggak bisa kenapa? karena nggak tau apa gimana? Masak standar prosedurnya tiap kanim gak sama deh :|

    Reply
    • raa
      18/04/2014 at 03:26 (4 years ago)

      Yang di Kanim Jaksel bukan bilang nggak bisa sama sekali, tapi katanya kalo mau ngubah alamat paspor, harus di Kanim yang sesuai sama KTP. In my case, Tangerang. Makanya aku urusnya jadi di Kanim Tangerang gitu :)

      Reply
  3. Rifka
    21/04/2014 at 09:36 (4 years ago)

    Makasih sharing infonya!! Kasus saya sama seperti kamu. Saya lagi mau urus mutasi alamat lama ke alamat baru untuk urus visa minggu dpn. Passport saya terbitan Kanim Jaksel, sdngkan alamat baru skrng Tangsel. Jadi saya lebih baik langsung dtng ke Kanim Tangerang atau coba di Jaksel dulu? Perlu daftar online tidak yah atau langsung dtng saja? Setelah ganti alamat baru, apakah passportnya juga ganti baru atau hanya ada perubahan dibagian alamat saja? Boleh tau prosesnya brp lama dan biayanya brp? Maaf pertanyaannya rombongan. Many thanks :)

    Reply
    • raa
      21/04/2014 at 11:14 (4 years ago)

      Hai Rifka :)

      Coba aku jawab satu-persatu ya…

      Kalo menurut aku sih lebih amannya langsung ke Kanim Tangerang aja, karena aku kemarin direject pas nyoba di Kanim Jaksel.

      Aku kemarin ga pakai daftar online, tapi kalo mau daftar online dulu juga ga papa. Mungkin bisa jadi lebih cepet proses antrenya :)

      Ganti alamat ga akan mengganti paspor dengan yang baru. Cuma di bagian Catatan-Pengesahan (Paspor Halaman 4) akan ada penambahan Alamat Baru.

      Prosesnya cuma satu hari kerja dan gratis alias tanpa biaya sama sekali.

      Semoga membantu dan semoga lancar ngurusnya yaaa… :)

      Reply
      • Rifka
        24/04/2014 at 14:54 (4 years ago)

        Dear Raa,

        Urusan ganti alamatnya sudah selesai dlm waktu 1 jam karena dtng dari jam 7.30 dan dpt no antrian pertama. Thanks you infonya :)

        Reply
        • raa
          24/04/2014 at 18:38 (4 years ago)

          Wah, cool! Good to know that :)

          Reply
  4. andica_c
    16/05/2014 at 19:39 (4 years ago)

    Hai… Mohon info gimana caranya ganti alamat di paspor plus perpanjangan paspor. Apa ttp hrs menunggu 6 bln sblm tanggal expired untuk perpanjang. Atau bs ganti paspor baru sekaligus ganti alamat plus perpanjang. Terima kasih.

    Reply
    • raa
      18/05/2014 at 00:02 (4 years ago)

      Hai Andica,

      Kalo mau ganti alamat paspor sekaligus perpanjangan, harusnya pakai proses perpanjangan paspor biasa, ya. Tinggal alamatnya aja disesuaikan dengan alamat baru yang didukung dengan data dan dokumen asli (KTP dan KK).

      Tapi kalo masa berlakunya masih lebih dari 6 bulan (dan masih lebihnya banyak), mending diganti alamat dulu aja sih kayaknya. Karena kalo mau perpanjang paspor pas masa berlakunya masih lebih dari 6 bulan, itu itungannya jadi penggantian paspor, bukan perpanjangan.

      Hope it helps ya :)

      Reply
  5. TR
    24/09/2014 at 16:50 (3 years ago)

    Dear Raa
    After baca info ini langsung urus pindah alamat di paspor. Cuma masalahnya ambil paspor yg alamat baru harus tunggu 5 hari kemudian. *nganga.com* sambil mbatin ” kirain satu hari bisa tuntas.”
    Eniwei, thanks bwt share na.

    Reply
  6. fanda
    12/10/2014 at 10:32 (3 years ago)

    Mau nanya donk. Kalau alamat di paspor dengan KTP beda di no RT. Misal paspor rt 07 tp d ktp rt 05. Itu harus di ganti ga yahhh. Makasih sebelumnya.

    Reply
    • akid
      23/11/2014 at 19:30 (3 years ago)

      Kalo misal ga ada keperluan untuk buat visa, kayaknya nggak perlu sih.

      Soalnya sebenernya saya udah lama pake alamat yang ga keupdate buat ke negara-negara di ASEAN sih ga papa.

      Reply
  7. anief
    18/11/2014 at 14:36 (3 years ago)

    Hai klau mau ngerubah nama paspor bisa tidak tolong kasi infonya

    Reply
    • akid
      23/11/2014 at 19:34 (3 years ago)

      wah, kalo buat ini saya belum punya pengalaman :(

      Reply
  8. Rochman
    13/12/2014 at 21:41 (3 years ago)

    Mas mau nanya kalau cuma salah tahun kelahiran gmn ,bs dirubah gk,syartnya ap mas

    Reply
    • akid
      15/12/2014 at 18:57 (3 years ago)

      Harusnya bisa sih, mas. Tapi kurang tau syaratnya. Coba telfon call center Imigrasi 021 5224658 ext. 2702.

      Reply
  9. loppe
    18/12/2014 at 20:38 (3 years ago)

    Hi sis mo tanya nih.
    Ni q kan mo ngrubah alamat dulu kan kerja di hongkong tp q mo bikin visa Italy tp alamatku di passport alamat hongkong trus kl ngrubahnya di Jakarta pusat bisa nggak soale alamat di KTP di Ponorogo .
    Thanks sebelumnya

    Reply
    • akid
      25/12/2014 at 23:42 (3 years ago)

      kalo kemarin saya KTP Tangerang mau ubah alamat di Jakarta Selatan nggak boleh :(

      tapi coba aja ditanyain dulu, siapa tau boleh :)

      Reply
  10. kaka
    29/12/2014 at 11:24 (3 years ago)

    mas, ganti alamat di passport bayar ga sih?
    aku juga mau ganti alamat soalnya
    makasih

    Reply
    • akid
      30/12/2014 at 00:33 (3 years ago)

      gratis, mas :)

      Reply
  11. Usman
    08/01/2015 at 18:47 (3 years ago)

    Mas. Kalau itu paspornya diganti yang baru atau hanya alamat yang di ubah pada halaman terkahirnya.

    Reply
    • akid
      08/01/2015 at 18:59 (3 years ago)

      Pertama-tama, saya cewek ya, mas. Jadi jangan dipanggil mas :(

      Menjawab pertanyaan dari Mas Usman (semoga ini beneran mas-mas), kalo ganti alamat, paspornya nggak diganti baru, tapi di bagian halaman perubahan, ada keterangan kalo ganti alamat.

      Thank youuuu.
      Cheers! :)

      Reply
  12. hannyroshany
    24/01/2015 at 14:20 (3 years ago)

    halo aku mau tanya, passport aku alama jawa tetapi aku kerja dan inggal dijakarta, apakah waktu pengurusan visa aku harus menyertakan keterangan domisili?

    Reply
    • akid
      24/01/2015 at 14:58 (3 years ago)

      Halo! :)

      Alamat di Jawanya, di mana? Jakarta itu juga di Jawa loh :p

      Intinya sih, untuk pengajuan visa Jepang, alamat paspor harus sama dengan alamat KTP/Surat Keterangan Domisili dan pengajuannya harus di kantor konsuler yang sesuai sama wilayah yuridiksi kedutaan.

      Jadi, misal alamat KTP dan paspor mbaknya di Malang, harus bikin visa di kedutaan Jepang yang di Surabaya, ga bisa di Jakarta. Cek di sini buat informasi pembagian wilayah yuridiksi kedutaan Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html

      Good luck, ya!

      Reply
  13. okymaulana
    11/02/2015 at 01:09 (3 years ago)

    asmlkm teteh,,, mau nanya nih,, n mohon bantuan nya,, saya kan mau ikut magang jepang tp skrg saya ada mslh sama paspor saya,, masalah nya pada nama dan tahun lahir,, karna nama dan tahun lahir nya tidak sama dengan akte,, sblum nya saya pernah ke saudi kerja dan tahun lahir nya di tua kan,,,, harus gmn teh? mohon pendapat nya teh,,, mksih…

    Reply
    • akid
      11/02/2015 at 15:52 (3 years ago)

      Waduh, kurang tau ya kalo kasusnya begini. Mungkin bisa coba ditanyain ke Imigrasi langsung.

      Reply
  14. zahra
    21/02/2015 at 16:22 (3 years ago)

    Assalammualaikum…
    Mau tanya…saya krj di korsel..sekarang lg cuti 1 bln, nah kmaren sy habis urus ktp pindah almt tp msh dlm 1 kcmtn. Jd skrg almt paspor n ktp beda. Kira2, bermasalah g ya pas nanti sy mau brgkt lg ke korsel. Wassalamualaikum

    Reply
    • akid
      02/03/2015 at 19:17 (3 years ago)

      saya belum pernah bikin visa Korea, mungkin coba ditanyain aja ke Kedutaannya biar jelas :)

      Reply
  15. pam
    25/02/2015 at 21:41 (3 years ago)

    say nanya dounk.. itu kamu ktp alamat beda gitu, dulu ganti ktp n kk pake surat mutasi apa ngga? aq nih punya problem dulu aq bikin passport pake ktp bekasi n kk ngikut saudara di bekasi. tapi sekarang ktp itu aq udah ga perpanjang, karena ktp and kk yang aq pake daerah asliqw pemalang, jawa tengah. dulu sempet punya ktp double lah. tapi sekrg ktp bekasi yg buat passportqw udah expired dan ga perpanjang. tapi passport masih berlaku, nah aq mau update data n alamat sekalian data ktp n kk pake yang alamat jawa tengah.

    Reply
    • akid
      02/03/2015 at 19:18 (3 years ago)

      Nggak pake surat mutasi, kok. Bawa aja copy KTP dan KK yang baru.

      Reply
  16. Woro
    08/04/2015 at 15:51 (3 years ago)

    Thanx sharing n infonya…pas banget mau ganti paspor tp alamat ktp beda alamat di paspor….saya pernah baca perlu surat keteranagn pindah. Tyt enggak ya cm bw ktp kk yg baru sajah dll tanpa surat keterangan…siiip lah

    Reply
  17. rina
    28/07/2015 at 16:17 (2 years ago)

    Hii mba saya ingin tanya..kalo kita ada perubahan alamat pada passport apakah untuk alamat barunya ditulis di endorsment hal 4 atau 5. Kebetulan saya baru saja pindah rumah. Thks

    Reply
    • akid
      28/07/2015 at 16:55 (2 years ago)

      Hi mba Rina,

      Kalo punya saya, alamat baru ditulisnya di Catatan Pengesahan Paspor Halaman 4.

      Cheers! :)

      Reply
  18. Komariyah
    10/09/2015 at 18:11 (2 years ago)

    Asslm.
    Boleh gk ku bertanya paspor ku buatan hongkong n Mau mengurus visa kerja kemalaysia.direject bnyk kli.misalny klo sya mutasi almt di kanim sya bisa gk.?apa perlu buat paspor bru agar visa saya turun. Mohon pencerahan trimksih.krn dsarankn untuk gnti paspor pdhl masi hidup 3 tahun.

    Reply
    • akid
      20/09/2015 at 18:53 (2 years ago)

      Maaf mba, kurang tau solusi buat masalah ini. Coba cek langsung aja ke imigrasi ya :)

      Reply
  19. nik2
    16/09/2015 at 17:24 (2 years ago)

    Hai teh met kenal..saya tertarik dgn perubahan alamat di passport…hanya masalah saya..passport sudah lama expired dan hilang entah dimana.sekarang mau bikin passport lg..masuk pembuatan baru ya? Yg jd pertanyaannya…apa perlu cabut berkas di tempat lama baru di ajukan ke wilayah baru( dulu terdaftar di jkt barat dan alamat ktp skrg di tangerang) apa daftar online saja? Bingung nih…mohon pencerahannya…barangkali ada yg tahu…makasih

    Reply
    • akid
      20/09/2015 at 18:55 (2 years ago)

      Coba dicek aja dulu di website imigrasi kalo kasus paspor hilang gimana caranya buat ngurus baru :)

      Reply
  20. Abida
    20/09/2015 at 17:39 (2 years ago)

    Salam mbak…
    Sblm paspor mbak drubah k almt tangerang kn msi pke alamat jatim Trus ktp ud tangerang.
    prtny: klo paspor ma ktp beda alamat ap gk msalh jk kluar negri yg gk pke visa (waktu check in bandara).mksi

    Reply
    • akid
      20/09/2015 at 18:52 (2 years ago)

      Halo! Kalo ke luar negeri, cuma cek paspor aja, KTP (sejauh ini) ga pernah ditanyain, jadi kalopun alamatnya beda, nggak masalah ;)

      Reply
  21. Novianti Islahiah
    17/11/2015 at 19:44 (2 years ago)

    Wah..mksh byk infonya mba. Mmbnt bgt. Aq kn br pndh domisili jg. Pas bingung mw update almt d paspor gmn nemu blog ini. Oh ya mba..paspr aq expire 2017 nnt. Smntr 2016-2018 aq stay d jpg. Kira2 mndng prpnjg dr skrg/ gmn?

    Reply
  22. Haris alfa
    06/01/2016 at 23:46 (2 years ago)

    Mba mau tanya, kalo data KTP alamat dan no NIKnya beda, bisa di update ga yah datanya? Saya skrng posisinya di lampung, KTP saya sumbar, pasport saya dulu bikin di Bandung dengan KTP Bandung. Untuk data KTPnya sudah saya pindah domisilikan ke Sumatera barat. Thanks alot mba..

    Reply
  23. retno
    02/02/2016 at 11:38 (2 years ago)

    Assalamualaikum,

    Berarti casenya sama ama sayahh mbak, alamat paspor saya pake alamat Bogor, sedangkan sy skrg pindah dan ktp saya dah pake ktp Surabaya. Cuma paspor saya udah hangus, kyknya prosedurnya hampir sama gak ya mbak??

    Reply
  24. Vinda
    23/03/2016 at 12:06 (2 years ago)

    Kasus kita sama mba, pas sy apply visa jepang disuruh urus mutasi alamat paspor dulu sesuai ktp. Kata mba di loket bisa diurus di imigrasi manapun. Krn sy bikin di jaksel,saya langsung cus ke kanim jaksel. Ternyata karna ktp sy bekasi hrs ke kanim bekasi. Tapi di kanim bekasi urusnya lama banget! Hr rabu saya masukin berkas, senin baru pengambilan. Wasting time bgt padahal petugas visa jepang dan kanim jaksel bilang prosesnya cuma sehari. Masih ingat si ibu customer service di loket kanim jaksel bilang “kan cuma print alamat belakang aja mba, gak lama kok”. Pelajaran bgt buat saya, semoga teman2 yg lain kalo mau urus mutasi alamat paspor di imigrasi bekasi sebaiknya bawa aja semua dokumen karena syarat yg di kanim jaksel dan kanim bekasi beda. Kalo di kanim jaksel gak perlu fotocopi ijazah/ akte lahir tp di bekasi wajib ada.

    Reply
    • urwah fauzan
      03/07/2017 at 00:42 (5 months ago)

      itu mba datang lngsung ke kanim nya? dr jepang datang lngsung ke kanim? apakah hrus dtng ke kanim nya lngsung,, (jauh2 dr jepang)
      mhon pencerahannya.

      Reply
      • akid
        03/07/2017 at 20:25 (5 months ago)

        Iya kemaren ke kanimnya langsung mas. Saya tinggal di Indonesia, kok. Jadi nggak jauh2 dari Jepang :D

        Reply
  25. Nanni
    02/06/2016 at 12:52 (1 year ago)

    Waaah… informasi ini manfaat buat saya yang juga ingin memperbarui paspor dan menggunakan alamat baru… jadi ga perlu surat mutasi dari Bogor ke Jakarta?
    Makassiiiiy…. salaaaammm

    Reply
  26. Ana
    19/07/2016 at 21:18 (1 year ago)

    Hai mbak salam kenal aku mau tanya nih pasport q kurang penulisan huruf bulan lahir harusnya Bantul tapi jadi bantu kl minta d rubah kira” proses nya brp hari dan bayar gak y ? Thx infonya

    Reply
  27. Nanda
    09/08/2016 at 11:59 (1 year ago)

    Halo, makasih banget postingannya! Ngebantu banget.
    Mau tanya aja, apakah ini jadinya passport kita diganti baru? atau tetep bisa pegang passport yg lama? Sayang soalnya masih banyak yg kosong lembaran passportnya. :)

    Reply
    • akid
      13/09/2016 at 01:26 (1 year ago)

      Paspornya nggak diganti, kok. Cuma ditambahin informasi di bagian lembar pengesahan aja :)

      Reply
  28. Sari
    14/08/2016 at 22:27 (1 year ago)

    Hai mbak salam kenal. Kebetulan aku juga mau urus visa Jepang trus galau karna alamat KTP dan paspor beda. Untungnya nemu artikel ini, makasi banyak share nya yaa :)

    Reply
  29. Youdhe
    17/11/2016 at 10:17 (1 year ago)

    Passpor saya masih sampe juni 2017,
    Ada rencana mau overseas..pengalaman sih gak akan bisa keluar kalau passpor tinggal 6 bulanan lagi,
    Yg mau di tanyakan alamat ktp dan passpor berbeda, kira kira mending buat baru atau ajukan perubahan data aja ya kira kira

    Reply
    • akid
      17/11/2016 at 12:53 (1 year ago)

      Syarat perubahan data dan buat baru sama aja, kok. Saran sih perpanjang ada pakai alamat yang terbaru.

      Reply
  30. Cindy
    10/12/2016 at 08:51 (12 months ago)

    Bisakah Kita mengganti tanggal lahir di paspor.
    N gimana caranya..?

    Reply
  31. Marina
    15/12/2016 at 20:04 (11 months ago)

    Kalo saya kasusnya alamat di ktp dan di passport saya sama (di bandung)
    Tapi saya buat passport di kendari, sulawesi tenggara
    Terus kalau mau bikin visa jepang, saya urusnya dimana yah konsulat jepang di jakarta atau yg di makassar yah? Semoga ada yg bisa bantu jawab, makasih sebelumnya.

    Reply
    • akid
      04/01/2017 at 19:52 (11 months ago)

      Kayaknya di Jakarta, soalnya yang ‘dipermasalahkan’ alamat yang tertera, bukan kantor yang ngeluarin paspornya :)

      Reply
  32. Kurnia
    04/01/2017 at 19:28 (11 months ago)

    Memang di paspor itu ada alamat ya? Sy cari2 kok gak ada kolom alamat di paspor

    Reply
    • akid
      04/01/2017 at 19:51 (11 months ago)

      Di paspor baru kayaknya nggak ditulis deh… CMIIW.

      Reply
  33. Rahma
    13/01/2017 at 06:06 (10 months ago)

    Mba mau nanya dong, kalo passport dan ktp alamat berbeda tapi masih sama2 jaktim hanya berbeda dari tingkatan kecamatan kebawah nah kira2 kalo saya mau apply visa saya harus ubah data alamat di passport atau tidak? Kalau iya ngurusnya kemana? Terima kasih

    Reply
    • akid
      03/02/2017 at 16:20 (10 months ago)

      Halo mba, paspornya baru apa lama, ya?

      Soalnya aku baru ngeh kalo paspor baru sekarang tuh ga dicantumin alamat, ya… Tapi kalo memang harus ubah alamat, langsung ke imigrasi aja. Bawa dokumen sesuai alamt terbaru :)

      Reply
  34. chorchel
    16/01/2017 at 23:19 (10 months ago)

    hai mba, saya mau nanya kalo untuk perubahan nama di paspor apakah sama prosedurnya dengan penggantian alamat?

    Reply
    • akid
      03/02/2017 at 16:13 (10 months ago)

      seharusnya sama sih, ya. coba tanya ke imigrasi buat lebih detailnya :)

      Reply
  35. Revi
    10/04/2017 at 14:13 (7 months ago)

    Halo mba, saya mau tanya kalo untuk membuat visa itu memang di cek data di paspor sama atau tidaknya dengan di KTP ?
    sebenernya sih saya mau bikin visa untuk korea.. barangkali peraturannya sama hehe
    mohon infonya ya. terimakasih

    Reply
    • akid
      28/06/2017 at 21:05 (5 months ago)

      Buat informasi yang bener, lebih baik cek langsung ke kedutaan Korea, ya. Coba googling aja dulu, pasti ada :)

      Reply
  36. Ati
    05/05/2017 at 13:48 (7 months ago)

    Wow makasi infonya. Bermanfaat buat sy krn mgkn tahun depan sy pindah kota namun pasport sy masa berlakunya msh lama. Jd klo utk rubah alamat, paspornya gak diganti ya? Artinya nomor paspor tetep sama ?

    Reply
    • akid
      28/06/2017 at 21:00 (5 months ago)

      Ubah alamat paspor tidak mengganti paspor. Nomornya juga tetep sama.

      Reply
  37. Anya
    23/05/2017 at 17:46 (6 months ago)

    Hi Mbak,

    Thanks banget untuk artikel nya ini, membantu sekali.. Btw, untuk surat pernyataan mutasi alamat tersebut, apakah ada draft dari Kantor Imigrasi nya? Atau kita buat sendiri dgn draft dari kita sendiri?

    Terima kasih.

    Reply
    • akid
      28/06/2017 at 21:06 (5 months ago)

      Surat pernyataan yang dimaksud bukan pernyataan mutasi alamat. Tapi pernyataan bahwa dokumen yang dikasih semuanya asli. Surat ini udah ada templatenya dari imigrasi, tinggal minta aja dan kita tinggal isi.

      Reply
  38. Eva
    27/05/2017 at 00:33 (6 months ago)

    Mba sy mau tanya klo tahun lahirnya beda yg di ktp dgn paspor apakah msh bs diproses utk bisa jepangnya? Ktp ibu saya tertulis 1947 sedangkan di paspor 1948. Ktp sdh lama (berlaku seumur hidup) sedangkan paspor baru diperpanjang akhir thn lalu.
    Makasih

    Reply
    • akid
      28/06/2017 at 20:57 (5 months ago)

      Bisa ditanyain langsung ke kedutaannya, ya, untuk detail-detail seperti ini :)

      Reply

Leave a reply to Novianti Islahiah Cancel reply