Footprint

Kirim Barang Dari Vietnam Ke Indonesia

Vietnam adalah negara kesukaan saya untuk traveling, negara yang saya bisa betah berlama-lama di sana. Salah satu alasannya adalah karena biaya hidup dan harga barang-barang yang cenderung lebih murah. Kurs mata uang Vietnam Dong terhadap USD berkisar di angka 22.500. Cukup lemah dibandingkan sama kurs 1 USD ke Rupiah yang ‘cuma’ sekitar 13.000.

Waktu itu pas baru sampai Hanoi, ibu kota Vietnam, saya sudah khilaf beli banyak barang. Padahal perjalanan masih panjang, dan saya nggak mungkin membawa semua barang itu bersama saya, karena biaya bagasi pesawat yang cukup mahal, dan yang paling utama sih karena males banget ribet bawa barang tambahan banyak. *mengingat saya traveling dua bulan bawanya carrier kecil 30L doang*

Jadi saya memutuskan untuk mencari informasi tentang pengiriman barang. Ini pengalaman pertama saya mengirim barang antar negara. Kalo kirim surat atau kartu pos sih sering. Beruntung saya ketemu cewek Denmark di penginapan yang habis ngirim sebagian besar barang yang dia ‘kumpulin’ selama traveling di Asia Tenggara selama delapan bulan, pulang ke rumahnya.

Dia mengirim 20kg barang-barang dia dengan ongkos kirim sekitar satu juta Vietnam Dong. Berarti satu kilonya sekitar 50.000 VND, atau sekitar 30.000 Rupiah. Not bad, menurut saya.

Maka pada suatu siang yang cerah, di hari terakhir saya di Hanoi, saya pergi ke kantor Vietnam Post bagian International Mail dan menyerahkan 7 buah buku, 1 kg kopi, 1 pack teh, 2 buah baju, 5 alat Vietnam Drip alias Phin, dan beberapa printilan lain.

Sampai di sana, saya diperintahkan untuk mengisi formulir yang isinya nama dan alamat tujuan, nama dan alamat pengirim (diisi sama kayak alamat tujuan juga ga papa berhubung di Hanoi kan cuma sementara), trus detail isi kiriman semua harus dijabarkan satu per satu, barangnya apa, jumlahnya berapa, dan harga masing-masingnya berapa.

Setelah itu, petugasnya akan merapikan kardus paket dengan selotip alias lakban tambahan biar aman. Oh ya, petugas Vietnam Post yang di bagian International Mail ini semuanya bisa Bahasa Inggris dengan cukup baik, semua form juga ada versi Bahasa Inggrisnya, jadi nggak perlu bingung. Dan petugasnya juga nice banget dalam menjelaskan informasi yang perlu kita tahu.

Total berat barang yang mau saya kirim kemarin itu 5,7kg, dengan total biaya 769.372 Vietnam Dong, atau sekitar 450.000 Rupiah. Kenapa lebih mahal daripada punya Mbak Denmark? Karena saya pilih pengiriman lewat udara, sementara Mbak Denmark itu memilih pakai kapal laut, yang artinya sampainya lebih lama. Kalau pakai pesawat, bisa 3 minggu sampai 1 bulan. Tapi kalau dengan kapal laut, bisa sampai 3 bulan.

Semua pengiriman paket pakai Vietnam Post dikasih nomor resi yang bisa kita track secara online di website resminya www.vnpost.vn.

vnpost

Lalu, apakah paket saya sampai dengan selamat? Jawabannya, YA TENTU SAJA. WKWK.

Paket yang saya kirim itu cuma butuh waktu 9 hari untuk sampai di Jogja. Bahkan, lebih dulu sampai paketnya daripada sayanya.

Apakah barangnya semua aman? YA dan TIDAK.

YA. Semua barang lengkap dengan kondisi kardus terlihat sudah dipacking ulang, most probably barena security checking. Tapi TIDAK, karena ada satu Vietnam Drip yang pecah. Well, mungkin kalo dipackingnya lebih baik, misalnya ditambahin bubble wrap lebih banyak, insiden ini nggak perlu terjadi.

Share this:
Facebook Twitter Email Pinterest Tumblr

29 Comments

  1. Malem kak, maaf mau nanya. Aku kirim paket juga dari vietnam ke indonesia. Itu kalo barangnya udah sampe kita yg ambil ke post office ya? Agak kurang mudeng sih, baru pertama kali ini soalnya shipping dr LN. Aku ces resi juga statusnya attempted/unsuccesfull terus jadi bingung hehe thanks kak :)

    Reply
    1. akid Author

      Hai!

      Kemarin sih aku nggak ngambil ke post office tapi langsung dikirim ke rumah. Kalo kasusnya seperti ini, coba datengin kantor pos besarnya di kota kamu. Mungkin pengiriman ke rumah gagal/alamat ga ketemu. Atau ada kendala di bea cukai gitu :)

      Reply
  2. Dear Mbak Akid,

    Saya ada beli barang (tas) dari vietnam, bagaimana kita tahu kalau dikirim via udara atau laut, karena status pengirimannya di ebay adalah free ongkir ? Terima kasih
    Mudi

    Reply
  3. Mlm ba, mau tanya, kalau kirim makanan dari vietnam ke tangerang via pesawat bs mkn wkt perjlnan kurleb 1bln kan, kira2 bs merusak kondisi makanannya ga ya? Contohnya: makanan camilan dlm kemasan spt itu ba.

    Reply
  4. Selamat malam mba. Saya mau nanya. Saya rencana mau kelilingSEA. Rencananya bakal masuk ke Thailand 3x (Malaysia Thailand, Myanmar Thailand, Kamboja Thailand), itu nga perlu pake visa multiple entry ya mba? Saya mikir nya harus nya ok cuma teman saya di Thailand suruh aku mastiin

    Reply
    1. akid Author

      Kalau bisa Bahasa Inggris tentunya akan mempermudah, ya :)
      Tapi nggak semua orang juga bisa kan. Paling nggak belajar bahasa survival yang penting2 aja sebelum traveling. Atau coba manfaatin Google Translate.

      Reply
  5. Kak mau tanya dong. Klo ngirim motor bisa g ya via vietnam post ? Soalnya keponcut sama motor mini dsni siapa tau bisa di bawa ke indonesia
    (Maaf bukan becanda ko hehe)

    Reply
    1. akid Author

      Mungkin bisa tapi pakai pengiriman via laut, lebih lama biasanya, sekitar 3 bulan. Coba tanya aja ke bagian international mailing di VietPost.

      Reply
      1. Halo kak.. mau tanya.. aq kan mau beli dress dari cambodia.. itu jasa pengiriman dari ownernya katanya pake EMS bisa melalui pesawat ato laut.. trusted gak ya?? Please infonya ya kak.. thanx..

        Reply
  6. Malam kak, saya mau tanya kalau kirim uang dari vietnam ke indonesia apa bisa juga lewat pos? Soalnya udah seminggu ini nyari info buat ngirim uang dari sana, tapi ternyata bank gak ada yang bisa ngirim ke semua negara termasuk indonesia katanya. Mohon infonya ya kak..

    Reply
  7. Indah

    Kak aku pesan 2 majalah dari vietnam masing masing 140 halaman
    trus kata mbak sellernya
    majalah + biaya shipping ke indo itu semuanya 60$
    Itu termasuk mahal ya kak??

    Reply
  8. Indah Septianingsih

    hai kak, maaf mau mau tanya aku mau belanja tas dr vietnam, kalo utk 1 kilo barang kena brapa yah ongkir nya? oh iya kalo utk import maximal brp dolar yang ga kena pajak?

    Reply

Leave a Reply to Ary Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *