Footprint

Traveling Antar Kota di Jepang Tanpa Repot Bawa Barang

Selama traveling, kadang kita kepikiran, “Bisa nggak sih, ini koper-koper gue kirim aja dari Kota A ke Kota B? Jadi gue nggak perlu ribet bawa-bawa selama mampir ke Kota C, Kota D, dan lain-lain.”

Ada banyak situasi yang mungkin bikin kita berpikiran seperti itu, misalnya:

  1. Udah terlanjur banyak belanja di kota pertama, sementara masih mau mampir ke beberapa kota sebelum sampai ke kota terakhir.
  2. Males ribet bawa-bawa koper gede sepanjang perjalanan.
  3. Mau pindah kota tapi mau mampir ke tempat yang nggak memungkinkan buat bawa koper, hiking ke gunung misalnya.

Kalau kamu menghadapi situasi seperti ini selama traveling di Jepang, kamu bisa loh ngirim koper kamu dari tempat satu ke tempat lain dengan gampang! Ada banyak perusahaan pengiriman yang menyediakan jasa ini, yang pernah saya pakai adalah Yamato.

Jadi Oktober 2018 saya ke Jepang dengan rute itinerary Tokyo – Takayama – Shirakawa-Go – Kanazawa – Kyoto – Osaka. Kebayang dong, ribetnya kalo saya musti bawa-bawa koper selama pindah-pindah kota?

Setelah riset sedikit, akhirnya saya memutuskan untuk kirim koper tersebut lewat Yamato, dari hostel saya Tokyo ke hostel saya di Kyoto. Langkah-langkahnya kurang lebih begini:

  • Repacking. Saya pisahkan barang-barang yang diperluin selama pindah-pindah kota, kayak baju ganti seperlunya, toiletries, dan barang berharga. Sebisa mungkin jangan masukkan barang berharga dan pecah belah ke dalam koper yang mau dikirim.
  • Telepon/kirim email ke hotel tujuan. Untuk memastikan bahwa koper saya ada yang menerima, saya telepon dulu ke hostel saya di Kyoto dan bilang bahwa saya reservasi tanggal sekian, saya mau kirim koper ke hostel, tolong diterima dan disimpenin. Kadang ada hotel yang memberikan jasa penyimpanan koper (luggage storage) ini secara gratis, ada juga yang berbiaya, kamu bisa pastikan dulu.
  • Request penjemputan/drop barang. Ada dua cara untuk menyerahkan barang yang mau dikirim ke Yamato: minta dijemput ke hotel atau kamu yang antar ke kantor mereka. Karena saya malas ngantar, plus kopernya berat, saya minta dijemput. Bisa minta tolong ke resepsionis hotel untuk teleponin Yamato, atau bisa juga telepon sendiri, call center-nya bisa kok Bahasa Inggris. Nomor telepon call center Yamato (call from Japan) 0120-17-9625.
  • Barang dijemput. Di jadwal yang sudah ditentukan pas request, kurir akan datang jemput koper kamu. Dia akan ukur kopernya, kamu tulis alamat tujuannya (masukin alamat hotel kamu di kota berikutnya), dan kamu bayar biayanya. Biaya pengiriman ditentukan dari besarnya koper. Cek di sini untuk detailnya.
Nota pengiriman Yamato

Biaya pengiriman Yamato menurut saya cukup terjangkau, mulai dari 130 ribuan rupiah untuk ukuran terkecil sampai 275 ribuan rupiah ukuran terbesar.

Aman nggak sih? Jawabannya, aman banget! Pakai common sense tapi ya, jangan masukin barang berharga atau pecah belah itu tadi.

Berapa lama pengirimannya? Tergantung jarak. Kemarin saya dari Tokyo ke Kyoto butuh 2 hari. Tapi kalau dekat setahu saya ada yang same day service.

So, gimana? Tertarik buat nyobain pakai layanan ini kalau kapan-kapan traveling ke Jepang? ;)

Share this:
Facebook Twitter Email Pinterest Tumblr

One Comment

  1. Wah jujur aja baru tau banget ada layanan ini, kebayang juga ya kalo punya itinery lumayan jauh lompat-lompatnya sementara harus bawa barang yang lumayan banyak juga.

    Solusi banget sih ini buat ngatasin masalah capek bawa barang banyak. Lumayan ngirit tenaga dan waktu juga, jadi bisa lebih puas banget eksplor-nya.

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.