Selamat Harimu, Perempuan!

Untuk:
Perempuan sahabat terbaik seumur hidupku.

Happy Birthday, from Google!

Happy Birthday, from Google!

Pertama, terima kasih.

Untuk waktu yang kau habiskan bersamaku. Meskipun aku tahu kau melakukannya karena tak punya pilihan lain, terima kasih untuk tidak merasa terpaksa dan berbahagia karenanya.

Aku dan kau sama-sama tahu, aku bukanlah seseorang yang mudah dipahami, terima kasih sudah mau bersabar dan mendengar, terima kasih untuk semua saran yang kau tahu aku perlukan, untuk kemarahan-kemarahan di setiap hal bodoh yang aku lakukan, dan juga untuk semua percakapan-percakapan panjang. Terima kasih sudah membantu menjaga kewarasanku.

Terima kasih untuk tetap ada, tidak menghakimi, dan meninggalkan. Setidakmenyenangkan apapun aku di saat-saat sulit. Terima kasih sudah menggenggam tangan dan meyakinkan aku untuk merasa bahagia yang cukup dan tidak pernah hancur dalam kesedihan sepilu apapun, sebab setiap hal di dunia ini punya waktunya masing-masing, dan segala hal akan berlalu.

Terima kasih sudah menenangkan dan tak putus-putus mengingatkan untuk ikhlas. Untuk tidak terlalu mengkhawatirkan banyak hal. Sebab sesuatu yang memang untukku, bahkan Tuhan pun akan menjaganya tetap untukku.

Terima kasih sebanyak-banyaknya, sudah menemani duduk bersama di dalam kelas-kelas pelajaran kehidupan.

Kedua, tolong.

Jangan biarkan aku berhenti dan berpuas diri. Jagalah api di pikiranku tentang mimpi-mimpi besar yang harus kita kejar. Tentang perjalanan-perjalanan yang harus kita usaikan.

Beri aku kesempatan untuk mencintaimu lebih baik lagi. Untuk memahamimu sebaik kau memahamiku. Untuk menjadi kebaikan di setiap pikiran burukmu.

Ingatkan aku untuk tertawa. Selalu yakinkan aku bahwa aku berharga dan layak untuk bahagia, secukupnya. Lalu kuatkan aku untuk membagi kebahagiaan itu ke lebih banyak jiwa dan memelukkan lebih banyak kebaikan kepada yang memerlukan.

Ketiga, maaf.

Untuk pernah melupakan dan mengabaikanmu. Mengorbankanmu untuk banyak hal yang menyakiti kita.

Telah sedikit terlambat menyadari bahwa kau adalah satu-satunya yang paling bisa kupercaya dan kuandalkan, selain Tuhan.

Sekali lagi, terima kasih.

Untuk menjadi bagian diriku.

Selamat hari kelahiranmu, perempuan. Selamat mencintai diri lebih baik lagi.

 

~

PS: Untuk perempuan-perempuan di manapun kalian berada, selamat hari kalian! Selamat menjadi sahabat terbaik bagi diri sendiri. Happy International Women’s Day!

Share this:
Facebook Twitter Email Pinterest Tumblr

Leave a Reply