naishakid

trying to tell you stories
0 comments

Bagaimana jika memory card kamera atau ponsel habis saat traveling?

Mendadak saya punya ide buat bikin “sub-topik” WHAT IF di blog ini, yang kurang lebih isinya adalah solusi atas insiden-insiden yang pernah muncul saat saya traveling, yang mungkin juga akan kamu hadapi di kemudian hari.

Setuju nggak? Nggak setuju juga nggak papa sih, saya bakalan tetep bikin. Lha wong blog juga blog saya. *apaan sih Kid?*

This is the first!

WHAT IF…. YOUR PHONE OR CAMERA’S MEMORY CARD IS/ARE RUNNING OUT OF SPACE?

Terjadi ketika saya kebablasan ngambil timelapse sunrise yang luar biasa cantik di Bagan. Saya lupa bahwasanya saya bawa laptop tapi nggak bawa hardisk ekternal dan nggak bawa memory card cadangan.

Sementara ya, Bagan itu kecil dan sepi dan saya terlalu malas untuk mencari-cari toko yang jual memory card. Lagipula kalo dipikir ulang, pasti tetep butuh space memory lagi ke depannya, berhubung perjalanan masih panjang.

Solusinya?

Online slash cloud storage!

Yes! Saya tau ini tips nggak berguna-guna amat, ya tapi kali aja ada yang belum kepikiran gitu. *ditoyor*

Jadi sekarang kan banyak banget tuh jasa yang menawarkan penyimpanan awan, bukan awan kinton. Misalnya, Google Drive, Dropbox, Onedrive, dll, dsb, dst. Jasa yang ditawarkan mulai dari gratis untuk kapasitas hingga sekian GB, dan berbayar buat kapasitas yang lebih besar.

Saya kemarin pakai Onedrive Basic yang berbayar, dengan kapasitas up to 50 GB, bayarnya $1.99/bulan. Terselamatkanlah foto-foto dan video saya dengan modal uang nggak sampai 30 ribu rupiah dan koneksi wifi gratisan dari penginapan. Ini yang membuat saya kalo misalnya mau booking penginapan, make sure dulu wifinya oke. LOL.

Oh ya, karena kemarin saya travelingnya nggak lama-lama banget, jadi saya pilihnya nggak auto recurring, jadi setelah satu bulan, layanannya diputus. Jadi saya enggak bisa upload lagi tapi file yang sudah saya upload (meskipun kegedean) tetep disimpen.

Jadi file-file foto back-up itu bisa diunduh lagi begitu kita sampai di tanah air tercinta. Which in my case, semalem saya baru nyicil ngunduh file hampir 50GB yang saya unggah beberapa bulan lalu.

Gitu, deh ya…

Nah, ada yang mau rekues topik what if lanjutan? *nyengir*

Share this:
Facebook Twitter Email Pinterest Tumblr

Leave A Comment