Itinerary Vietnam (Hue – Da Nang – Hoi An)

Sudah puas main di utara, di Hanoi dan sekitarnya, mari lanjutkan perjalanan ke Vietnam Tengah, Hue, Da Nang, dan Hoi An. Kalau saya bisa menyebutkan Vietnam Utara sebagai surga buat ngopi-ngopi dan wisata alam, Vietnam tengah ini juaranya wisata budaya dan kuliner.

Vietnam Tengah (Hue – Da Nang – Hoi An)

Hue – Sejarah dan kuliner (1 hari)

Kota ini berada di sebelah selatan Hanoi dengan waktu tempuh (pake bus) sekitar 12 jam perjalanan. Lumayan jauh memang, jadi lebih enaknya ditempuh pake bus malam, jadi hemat waktu dan biaya penginapan satu malam.

Ancient Forbidden City Hue

Di hampir seluruh daerah Vietnam, sebenernya mudah sekali ditemukan makanan berbahan dasar mie dengan segala variannya, ada Pho si mie gendut putih, Bun si kecil putih, Mie si kuning telur, Banh si lebar putih, dan masih banyak lagi. Tapi yang jadi favorit saya adalah Bun Bo Hue, alias mie kuah daging sapi dari daerah Hue.

Selain itu, ada juga makanan penutup sejenis kolak kalo di Indo, namanya Che. Ini juga juara di lidah saya. Varian Che paling lengkap bisa ditemukan di Vietnam Tengah. Saya pertama kali kenalan sama Che di Hoi An. Satu warung Che, kalo lagi lengkap, bisa menawarkan kombinasi 20 jenis Che. *slow clap* Favorit saya Che Dap, dap itu jagung manis, dan biasanya dicampur sama kacang merah. Nyam!

Che!

City tour di Hue akan banyak melibatkan museum dan bangunan tua, ada semacam satu kompleks benteng yang namanya Ancient Forbidden City. Kota ini paling enak dikelilingi pakai sepeda.

Da Nang – Beaches (1-2 hari)

Ini adalah kota yang saya skip dari itinerary saya kemarin, karena tadinya niatnya mau dijadikan one day trip dari Hoi An, tapi ternyata cuaca kurang mendukung.

Da Nang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Hue dan hanya 40 menit dari Hoi An. Ada baiknya stay di Hoi An aja lalu naik bus kota atau sewa motor dari Hoi An buat eksplor kota ini.

Kota ini (konon) terkenal akan Marble Mountain dan pantainya. Tolong googling sendiri, ya, soalnya saya juga belum pernah. *digebuk*

Buat yang mau eksplor Vietnam tengah doang tapi nggak mau masuk dari Hanoi atau Ho Chi Minh, bisa coba cari flight AirAsia dari Kuala Lumpu – Da Nang. Jadi enak fokusnya langsung Vietnam tengah tanpa perlu buang waktu perjalanan ke utara atau selatan.

Hoi An – Culture (2-4 hari)

One of my favorite part of Vietnam! Entah kenapa saya selalu jatuh cinta sama kota-kota budaya seperti Hoi An. Kota ini adalah salah satu kota yang masuk ke daftar Heritage Sites UNESCO.

Lampion Hoi An

Kota yang penuh dengan bangunan artistik, dengan sungai yang membelah di tengahnya, dengan pasar malam yang menyenangkan ini, paling asik dikelilingi dengan jalan kaki. Iya, kotanya sekecil itu.

Buat yang udah pernah ke Jogja, keliling pusat kota Hoi An ini rasanya cuma sejauh Malioboro, Beringharjo, Titik Nol KM, Alun-alun utara, Taman sari, Kraton, sampai Alun-alun kidul. *lha kok malah ngomongin Jogja* *getok*

Selain terkenal akan budaya dan sejarahnya, kota ini juga terkenal dengan ‘penjahit sehari jadi’-nya. Hah? Iya, hampir di setiap sudut Hoi An, ada kios-kios penjahit yang menyediakan jasa menjahit kilat. Mulai dari dress, jas, kemeja, dan aneka jenis pakaian lainnya. Best seller-nya? Ao Dai, baju tradisional khas Vietnam.

Penjahit Sehari Jadi

Harganya memang nggak bisa dibilang murah, terutama kalo kamu dibesarkan di negara yang ongkos jahit satu baju atasan masih bisa dibayar dengan harga 60 ribu rupiah atau malah lebih rendah. Tapi iming-iming satu hari jadi dan full custom sesuai ukuran badan *which is sesuatu yang jarang di negara belahan barat bumi sana* menjadikan jasa penjahit ini sebagai salah satu ‘obyek wisata’ yang hits!

Dan seperti yang saya singgung tentang Che di atas, Hoi An adalah surga makanan. Salah satu andalan saya *terutama kalo lagi kangen makan nasi* adalah makanan yang namanya Com Ga Hen, nasi ayam pakai kuah sejenis kari yang enaknya kebangetan.

Com Ga <9

Intermezo sedikit tentang dasar sajian makanan di Vietnam:

  • Com: nasi
  • Pho/bun/mie: mie-miean
  • Banh: roti
  • Ga: ayam
  • Bo: daging sapi
  • Khusus untuk daging babi, basicnya, kalo babi itu Heo, daging babi itu Thit, tapi agak ribet karena istilah buat babi panggang, babi cincang, babi asap, dll itu beda-beda. Jadi kalo nggak makan babi, amannya cari aja yang Ga/Bo.

Dan barangkali udah ‘bosan’ sama suasana pusat kota, sewa sepeda aja dan gowes sampai pantai An Bang. Nggak wow banget sih pantainya, tapi okelah buat menyegarkan mata. Atau bisa juga kayak yang tadi di atas saya bilang, day trip ke Da Nang pake motor atau naik bus juga bisa jadi pilihan.

Itinerary Vietnam Utara sudah, Tengah sudah, sekarang mari beranjak ke Vietnam Selatan.

Share this:
Facebook Twitter Email Pinterest Tumblr

1 Comment on Itinerary Vietnam (Hue – Da Nang – Hoi An)

  1. Gil
    04/02/2017 at 00:04 (8 months ago)

    akid gw mau nanya2 dong :D
    jadi nanti maret kisaran tanggal 17 maret mau ke vietnam 5 hari
    tujuan gw itu hanoi – hoi an – da nang – vinh -hanoi
    nah gw kan baru pertama kali ke vietnam nih gan
    mau tanya

    1.kalo dari hanoi ke hoi an naik apa ya..dan berapa ongkos?apakah ada bus langsung dari naibai airport ke hoi an?
    2.dan kalau dari hoi an mau ke da nang trus besoknya mau ke vinh enaknya naik apa ya?
    3.sama ada rekomendasi untuk hotel, tempat wisata/atraksi ,dan tempat makan untuk gw?hehe

    sori nih kid pertanyaan gw ngrepotin hehe
    ohya bales ke email gw aja ya kid biar gampang lazzuardigilang@gmail.com
    thanks :D

    Reply

Leave a Reply